Kamis, 12 Februari 2009

Penyesalan dan harapan

Seorang murid bertanya pada guru nya, "apa itu cinta?" dan guru nya menjawab, "untuk menjawab pertanyaanmu, pergilah ke sawah, pilih lah padi terbesar dan bawa kemari. tapi aturannya: kamu hanya boleh melewatinya sekali saja dan kamu tidak bisa kembali untuk memetiknya apa bila kamu telah melewatinya.

murid itu pergi ke sawah yang di tunjuk dan melewati padi barisan pertama, dia melihat satu biji padi yang besar, tapi dia berpikir kalau di barisan padi-padi lain mungkin ada yang lebih besar lagi yang sedang menunggu nya. kemudian, ketika ia selesai setengah bagian dr sawah itu, dia mulai tersadar kalau padi yang dia liat sekarang lebih kecil dari pada padi sebelum nya dan dia tahu kalau dia sudah kehilangan padi yang besar itu dan dia tidak bisa kembali untuk memetik nya lagi, setelah itu dia menyesal dan kembali untuk menemui guru nya dengan tangan kosong. Dan gurunya berkata kepada nya,"...itu lah cinta...kamu selalu tetap ingin melihat yang terbaik, tapi setelah kamu sadar kalau di sana tidak ada seorang pun yang seperti dia, kamu sudah kehilangan dia dahulu".


"apa itu penikahan kalau begitu?" murid nya bertanya lagi..Guru nya menjawab "untuk menjawab pertanyyan mu pergilah ke kebun jagung dan pilih lah jagung terbesar yang ada di situ dan datang lah ke sini kembali..tp
aturannya adalah kamu cuman boleh melewati nya satu kali saja dan tidak dapat kembali lagi ketika kau telah
melewati nya".

murid pergi ke kebun jagung itu, sekarang dia mulai berhati-hati karena dia tidak ingin melakukan kesalahan yang sama, ketika dia sampai ke tengah-tengah kebun jagung itu, dia memetik satu jagung yang lumayan besar dan dia merasa puas, kemudian dia kembali lagi ke guru nya itu Guru nya berkata kepada nya," sekarang kau membawa sebuah jagung...kau melihat ini bagus, memiliki iman dan percaya klo ini adalah yang yang terbaik yang kau dapat kan...itu lah pernikahan.."

Penyesalan datang juga ketika kita tidak bisa mempertahankan dan menghargai apa yg sudah kita dapat. Dan harapan akan datang ketika kita bisa mempertahankan dan menghargai apa yang telah kita peroleh selama ini..dan itu lah salah satu kebahagiaan sesungguhnya...^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar