Selasa, 10 Februari 2009

5. Tanda-tanda dan mujizat

1. Immanuel - Allah beserta kita.

Sesudah zaman Perjanjian Lama yang penuh dengan tanda-tanda dan mujizat-mujizat Allah datanglah kelahiran Juruselamat kita Yang meletakkan dasar-dasar gerakan Kristen yang sudah siap untuk diluncurkan. Kedatangan Yesus diawali dengan tanda-tanda, mujizat-mujizat, malaikat-malaikat, pewahyuan-pewahyuan, mimpi-mimpi yang bersifat nubuatan dan ajaib. Lukas dan Matius pasal 1 dan 2.

Umat Allah.
Ciri-ciri apakah yang membedakan antara umat Allah dengan orang-orang lainnya di bumi ? Musa dalam Keluaran 33:16 berkata, "Bukankah karena Engkau berjalan bersama-sama dengan kami, sehingga kami, aku dengan umat-Mu ini, dibedakan dari segala bangsa yang ada di muka bumi ini ?" Disamping makanan yang kita peroleh secara alami, kita juga hidup oleh tuntunan pengetahuan tentang pewahyuan melalui Firman Allah yang disabdakan untuk pemeliharaan secara supranatural dan campurtangan ilahi dalam kehidupan. Matius 4:4.

Yesus teladan kita.
Yesus tidak hanya melakukan kehendak Allah dan memperlihatkan kepada kita bagaimana telitinya Allah mengasihi dan memperhatikan tiap-tiap orang, tetapi Dia juga memerintahkan dan memberi kuasa kepada kita untuk pergi dan melakukan pekerjaan yang sama dengan yang dikerjakan oleh Yesus pada waktu itu bahkan kita diberi kuasa untuk melakukan perkara- perkara yang lebih besar. Yohanes 4:34, Ibrani 1:3, Yohanes 4:12, Markus pasal 16 hingga pasal 20, KPR 1:8.

2. Apa yang Yesus kerjakan ?

Mujizat Kesembuhan
Anak pegawai istana, Yohanes 4:46; Ibu mertua Petrus disembuhkan, Matius 8.14; Mentahirkan orang yang sakit kusta, Matius 8:3; Orang yang lumpuh disembuhkan, Matius 9.2;

Lebih banyak Mujizat Kesembuhan
Orang sakit 38 tahun disembuhkan, Yoh 5:5; orang yang mati sebelah tangannya, Matius 12:10; hamba seorang perwira disembuhkan, Matius 8:5; perempuan yang sakit pendarahan, Matius 9:20; dua orang yang buta matanya, Matius 9:27; telinga Malchus disembuhkan, Lukas 22.51; anak perempuan Siro-Fenesia disembuhkan, Markus 7:24-30; Matius 15:22; orang tuli dan gagap disembuhkan, Markus 7:33; dua orang buta disembuhkan, Matius 20:30, Markus 10:46; 8:23; Yohanes 9:1; sepuluh orang kusta disembuhkan, Lukas 17:12; perempuan telah 18 tahun dirasuk roh jahat, Lukas 13:11; seorang sakit busung air sembuh, Lukas 14:2.

Mujizat membangkitkan orang mati
Anak laki-laki seorang janda dibangkitkan dari mati, Lukas 7:11; Anak perempuan Yairus, kepala rumah ibadat dibangkitkan dari mati, Markus 5:21-23; Matius 9.18; Lazarus mati dan dibangkitkan, Yohanes 11:1-44; Kebangkitan Yesus sendiri, Lukas 24:6 Yohanes 10: 17, 18.

Mujizat pelepasan roh jahat
Orang kerasukan roh jahat dilepaskan, Mat 12:22; 8:28; 9:32; Mark 1:26; anak muda sakit ayan dilepaskan dari cengkeraman setan, Mat 17:14.

Mujizat melampaui Hukum Alam
Angin ribut diredakan, Matius 8:26; Yesus berjalan di atas air, Matius 14:25; mengutuk pohon ara, Matius 21:19; Yesus menampakkan Diri kepada murid-murid setelah kebangkitan.

Mujizat penyediaan makanan dan minuman
Air diubah menjadi anggur, Yohanes 2:9; menangkap sejumlah besar ikan, Lukas 5:6; Yohanes 21.6; memberi makan kepada 5,000 and 4,000, Matius 14:15; 15:32; Yesus membayar bea untuk Bait Allah, Mat 17:24.

Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya. Ibrani 13:8

3. Tindakan Allah.

Kitab Kisah Para Rasul adalah text-book / buku panduan Gereja yang menunjukkan kepada kita kehidupan Kristen yang normal. KPR berisi 28 pasal dan dalam tiap pasal anda akan menjumpai tanda-tanda supra- natural, mujizat-mujizat dan peristiwa-peristiwa supranatural terjadi.

Banyak Penampakan Diri oleh Yesus, manifestasi Roh Kudus dan lawatan Roh Kudus. Ada suara Allah yang nyata didengar telinga manusia (audible), nubuatan, bahasa baru, mimpi-mimpi, penglihatan, trance (kejadian supra-natural) dan orang-orang memilih untuk percaya.

Ada penyembuhan, pelayanan pelepasan, kepenuhan Roh Kudus, penghakiman Ilahi dan banyak sekali tanda-tanda dan mujizat-mujizat. Inilah kehidupan Kristen yang normal, ini bukan hal yang luar biasa, bukan hal yang aneh-aneh dan yang asing seperti kata orang-orang sekarang yang belum percaya.

Surat-surat yang berceritera
Paulus sangat menyandarkan diri pada tanda-tanda dan mujizat-mujizat, Roma 15:17-20, Galatia 3:5 dan 2 Tim 4:17. Dan kesaksian lain adalah Ibrani 2:4. Petrus dan Yakobus. Yakobus sangat yakin dengan Kuasa Penyembuhan Allah, 1 Petrus 2:24, Yakobus 5:14-15. Sekitar tahun 400, Bapa Gereja Agustine menuliskan tentang mujizat-mujizat yang terjadi di Afrika Utara sehingga dengan demikian mereka tidak berhenti dengan pekerjaan para rasul.

4. Untuk apakah mujizat-mujizat itu ?

Mujizat-mujizat bukan dimaksudkan untuk dijadikan seperti tontonan sirkus yang menarik perhatian dan kekaguman dari para penontonnya, juga bukan untuk mempromosikan orang-orang yang sedang dipakai Allah. Mujizat itu bukan semacam magic dan juga bukan merupakan usaha-usaha mempengaruhi kejiwaan orang-orang.

Sebaliknya, mujizat itu adalah tanda-tanda dan bukti-bukti akan kedekatan Allah dengan kita, dan merupakan pengungkapan yang baik tentang belas kasih Allah bagi mereka yang sedang menderita atau sedang berada dalam cengkeraman roh jahat. Semua mujizat-mujizat itu mengacu kepada Salib dan Kuasa Yesus. KPR 5: 12-14.

5. Bagaimana mempersiapkan jalan untuk Mujizat-mujizat

Pertama-tama jangan sekali-sekali lupa berdoa untuk minta kepada Tuhan Yesus supaya melakukan lagi pada hari ini segala perkara-perkara mujizat yang ajaib sama seperti segalanya yang dilakukan-Nya kemarin, dengan peneguhan melalui Firman-Nya dan tanda-tanda yang langsung seketika terjadi atau yang terjadi menurut rencana dan kehendak-Nya supaya nyata indah pada waktunya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar